Dalam kesempatan kali ini kak Eno, mengajarkan
kami tentang bagaimana berkarir didunia social media atau kita sebut juga
dengan sosmed.
seiring dengan berjalannya waktu, tak sedikit
yang menyukai sosmed, dari mulai gaya hidup, iseng-iseng, dan bahkan menjadikan
sosmed sebagai karir dan pekerjaannya. Iya itulah yang digeluti kak Eno, dan beliau ingin
berbagi caranya berkarir di social media.
Pertama, apasih social media itu? yaitu
tempat orang bisa shearing diInternet,
buat beli dan berjualan dionline shop, untuk mencari teman, dan masih banyak
pendapat orang-orang mengenai social media. Tapi intinya adalah semua jawaban
social media ada dipenggunanya sendiri, bagaimana mereka menggunakan sosmed
tersebut.
Ada 2 macam social media, yaitu :
1.
Sosial media Helpdesk
Sebuah
sosmed yang hanya mengupdet status, dan mengurus sebuah konten, dan orang yang
mengurusnya disebut dengan customer sevice atau yang sering kita dengar dengan
Admin. Syarat-syarat menjadi Admin ataupun menggeluti sosmed Helpdesk, yaitu :
·
Bisa menulis
·
Bisa membuat orang senang atas pekerjaaan yang
ia lakukan
·
Menjadi orang yang analisinya bagus (dapat
mengetahui kondisi yang ada)
·
Dan bisa interpersonal/berkomunikasi dengan
baik.
2.
Social media strategist
Yaitu
pengembangan dari suatu iklan, harus punya background, dan syaratnya yaitu :
·
Mempunyai pendidikan khusus
·
Memiliki pengalaman dibidang iklan.
Social media
strategist ini tidak sama atau lumayan agak sulit dibandingkan dengan social
media helpdesk karna harus memiliki dan benar-benar ingin menggeluti ini.
Ada beberapa tips yang di bagi oleh kak Eno, untuk menjadi
social media sebagai karir anda, yaitu :
·
Aktif belajar dan praktek
·
Bergaul dengan orang-orang yang bergelut di
social media
·
Dan yang peling penting adalah belajar dan
memulai MENULIS.
Cukup mengesankan pelajaran yang diberikan
oleh Kak Eno, tentang pelatihan menjadikan social media sebagai karir kita.
Semua tergantung pada apa yang diinginkan kita pergunakan, ingin menjadikan
social media sebagai karir atau hanya ingin gaul semata. Pesannya adalah
pergunakannlah sebaik-baiknya social media itu, agar tidak merugikan kita dan
orang lain.
Dan
sekali lagi terima kasih kepada kak Eno, telah mau memberikan ilmu dan waktunya
untuk kami semua disni, di Smk Itaco, semoga ilmu yang diajarkan kak Eno bermanfaat
bagi kami semua. Amin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar